Navbar

WELCOME TO MY BLOG !

Sunday, 5 August 2012

Definisi dari 'Alam bawah sadar'

Alam bawah sadar (Inggris: subconscious) adalah segi kehidupan mental manusia yang terpisah daripada alam kesadaran normal manusia dan yang tak dapat diingat atas dasar kehendaknya saja. Alam bawah sadar merupakan terjemahan bahasa Inggris dari subconscious; beberapa pustaka menyatakan sebagai unconscious yang artinya tak sadar. Sebetulnya J.F. Herbert yang pertama-tama mengakui pentingnya peranan alam bawah sadar ini, akan tetapi barulah Freud dengan psikoanalisanya yang berhasil memberikan kedudukan pusat kepada alam bawah sadar ini dalam ikhtiarnya menjelaskan kegiatan mental manusia umumnya, dan gangguan-gangguan neurosis khususnya. Freud menganggap, bahwa alam bawah sadar ini berupa suatu daerah yang terbenam tetapi luas sekali dalam jiwa manusia, serta bertindak sebagai suatu sumber kekuatan yang dapat mencetuskan pelbagai dorongan dalam tingkah laku manusia. Alam bawah sadar ini dianggap mengandung dorongan-dorongan instink serta pelbagai pengalaman dan keinginan yang sosial tak akseptabel, yang oleh individu sendiri didesak hingga lupa (Inggris: repressed) agar tak diketahuinya secara sadar.


Sebagian besar ahli psikoanalisa yakin bahwa pelbagai perselisihan perasaan yang menjadi sebab pokok sesuatu neurosis, memang bersemayam dalam alam bawah sadar itu. Dengan sendirinya usaha mereka itu berpusat pada ikhtiar tertentu untuk menaikkan perselisihan itu ke taraf kesadaran manusia, hingga individu yang bersangkutan dapat mengetahuinya.

Bukti kenyataan empirik (yang berdasarkan pengalaman) yang paling kuat mempertahankan faham adanya suatu alam bawah sadar ini diperoleh Freud, ketika ia dapat memperlihatkan kenyataan, bahwa seorang individu dalam keadaan hipnosis dapat mengingat kembali pengalaman-pengalaman tertentu, yang tak dapat diingatnya.

Faham alam bawah sadar dari Freud ini, yang hakekatnya berupa suatu alam bawah sadar individuil, oleh C.G. Jung (seorang psikiater Swiss), ditambah dengan suatu alam bawah sadar kolektif yang diperoleh manusia sebagai anggota umat manusia seluruhnya. Beberapa aliran psikologi tertentu menolak faham alam bawah sadar ini, beberapa aliran lain menganggapnya suatu faham yang harus diabaikan saja.

No comments:

Post a Comment